Bahaya Sinar UV Bagi Mata

53 views

Banyak pembahasan tentang bahaya dan pengaruh terhadap kehidupan dari sinar UV dan itu hanya tertuju pada bagian luar tubuh kita kulit. Kulit merupakan indera peraba yang rentan terpengaruh sinar matahari berbahaya dengan waktu tertentu. Ternyata hal ini tak hanya mempengaruhi bagi indera peraba saja, selain itu beresiko dalam merusak indera penglihatan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan kita.

efek rasiasi sinar uv pada kesehatan kulit

Ultra violet yang datang dari sinar matahari memiliki tiga tingkatan berupa UV-C, yang dimana tubuh harus dilindungi agar terhindar dari radiasi sinar UVC ini, kedua sinar UV-B dapat fokus kepada kesehatan kulit dan mata, karena sinar ini dampaknya akan mempengaruhi klit menjadi rusak sekaligus mata, maka dari ini kita usahakan terhindar dari sinar UVB. ketiga sinar UV-A berpengaruh terhadap kerusakan saraf yang tergabung pada bagian mata.

Dari tiga tipe radiasi yang disebabkan oleh matahari mempunyai tingkat berbahaya yang sangat significant, maka dari itu, kita harus terlindungi saat berada di paparan sinar matahari.

Referensi Artikel: http://www.vaseline.co.id/skin-health-care/4_bahaya_sinar_uv_bagi_kulit.html

Masalah katarak bisa kita rasakan setelah terpapar sinar UVA dengan waktu lama, meskipun radiasi ini memiliki tingkatan yang paling rendah. Masalah lain yang berbahaya dari sinar UV diantaranya pterygium, masalah ini timbul pada bagian putih mata yang selanjutnya bisa menutupi bagian kornea mata anda, degenerasi makular, mata rabun dan kurang jelas mengenali warna dan benda dikarenakan UV-B.

Sinar UV dan kulit Anda

Sinar UV merusak susunan DNA alami dari semua makhluk hidup dengan cara yang berbeda. Manusia juga tahu hal yang sama. Tapi tubuh yang paling berdampak adalah kulit. A. B dan C sinar UV keduanya memiliki kemampuan untuk merusak serat kolagen yang penting untuk peremajaan dan elastisitas kulit. Karena serat kolagen yang rusak, Anda bisa mengalami penuaan dini yang terlihat jelas pada kulit Anda.

Belum lagi, vitamin A yang bertanggung jawab untuk merangsang pembentukan kolagen secara alami melalui kulit tidak dapat dipisahkan juga dari serangan paparan ultraviolet. Vitamin A mudah rusak hanya dengan mengekspos kulit Anda ke sinar matahari untuk waktu yang lama tanpa perlindungan.

Sinar tersebut memiliki kemampuan merusak DNA dan menyebabkan mutasi sehingga Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker kulit. Namun, kulit Anda memiliki mekanisme pertahanan yang sangat baik untuk melawan sinar. Kulit melepaskan pigmen cokelat yang disebut melanin yang menyerap radiasi UV dan memecah energi cahaya sehingga tidak ada kerusakan yang lebih dalam di bawah kulit.

Namun, melanin tidak akan kuat terhadap serangan ultraviolet berlebihan, ada saat-saat ketika melanin tidak cukup untuk melindungi kulit Anda. Anda harus menggunakan tabir surya untuk membantu memantulkan sinar dan menyerapnya untuk menghindari kerusakan.